Senin, 21 Februari 2011

PROYEK ILMIAH / SCIENTIFIC PROJECT

Proyek ilmiah adalah serangkaian kegiatan penelitian yang dilakukan dengan mengikuti prosedur standar tertentu yang disebut metode ilmiah. Prosedur ini sangat penting untuk diikuti karena salah satu ciri proyek ilmiah yang utama adalah replicable (dapat diulang), artinya apabila orang lain melakukan eksperimen serupa dengan prosedur standar yang sama akan diperoleh hasil yang serupa pula. Jelas bahwa dengan metode ilmiah (melalui prosedur standar yang sama) orang lain dapat menguji apakah suatu proyek ilmiah dapat dipertanggungjawabkan.
Bagian akhir dari proyek ilmiah adalah menuliskan laporan proyek ilmiah agar hasil yang telah diperoleh dapat bermanfaat bagi orang lain. Laporan proyek ilmiah dapat dituliskan dalam berbagai bentuk dan format, tetapi di sini hanya akan dibahas bentuk umum laporan proyek ilmiah di lingkungan sekolah menengah.

Secara umum laporan proyek ilmiah meliputi:
• Halaman Judul
Penulisan judul diletakkan di tengah halaman, disertai nama penulisnya di bawah judul. Judul sebaiknya mencerminkan isi proyek tetapi tidak boleh sama dengan pertanyaan permasalahan.

• Daftar Isi
Halaman kedua setelah halaman judul adalah daftar isi. Daftar isi berisikan sekumpulan daftar semua hal dalam laporan.

• Abstrak
Abstrak merupakan ringkasan isi proyek. Biasanya abstrak tidak lebih dari satu halaman yang berisikan judul, tujuan, hipotesis, diskripsi singkat prosedur eksperimen dan hasil.



• Pendahuluan
Pendahuluan merupakan pernyataan dari tujuan dan latar belakang yang terkait dengan judul proyek ilmiah. Dalam pendahuluan harus terkandung pula ringkasan pernyataan hipotesis.

• Pelaksanaan Eksperimen dan Data
Pada bagian ini sebutkan setiap percobaan yang akan dilakukan. Pada setiap percobaan harus disertakan tujuan percobaan, diikuti dengan daftar bahan yang digunakan beserta jumlahnya, kemudian dilanjutkan dengan prosedur atau langkah-langkah untuk melakukan percobaan. Tuliskan percobaan-percobaan tersebut secara jelas dan rinci agar mudah diikuti sehingga siapa pun yang melakukannya akan mendapatkan hasil yang sama (serupa).
Mengikuti setiap percobaan yang dilakukan tuliskan semua pengukuran dan pengamatan yang telah dilakukan selama percobaan berlangsung. Grafik, tabel, dan diagram yang dibuat berdasarkan data harus diberi label (keterangan) dan apabila mungkin dengan warna-warni. Jika data yang digunakan dalam eksperimen amat banyak jumlahnya, cukup rangkumannya saja yang dituliskan pada bagian ini, sedangkan data lengkap sebaiknya diletakkan dalam lampiran. Lakukan analisis atas data yang telah diperoleh dan berikan interpretasi (makna) terhadap hasil analisis tersebut.

• Kesimpulan
Simpulkan hasil eksperimen yang telah dilakukan dan periksa apakah hasil eksperimen tersebut telah menjawab pertanyaan yang dipermasalahkan. Bandingkan pula hasil eksperimen tersebut dengan hipotesis yang diajukan sebelum eksperimen dilakukan. Berikan ulasan ringkas mengapa terjadi kesesuaian atau ketidak-sesuaian.

• Ucapan terima kasih (jika ada)
Jika ada, sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan proyek ilmiah yang dilakukan, misalnya nara sumber, sponsor, pemberi fasilitas percobaan, dan sebagainya.

• Daftar Pustaka
Tuliskan sumber-sumber pustaka yang digunakan secara lengkap dan urutkan sumber-sumber tersebut secara alfabetik berdasarkan nama belakang pengarang.
• Untuk sumber berupa buku gunakan urutan: nama pengarang. tahun terbit. judul buku. nama penerbit. kota tempat penerbit. halaman.
• Untuk sumber berupa jurnal gunakan urutan: nama pengarang. tahun terbit. judul artikel. nama jurnal. volume jurnal. halaman tempat artikel dimuat.
• Untuk sumber berupa koran gunakan urutan: nama pengarang. tahun terbit. judul artikel. nama koran. kota tempat penerbit. tanggal terbitan. halaman.
• Untuk sumber berupa web-site gunakan urutan: nama pengarang. tahun terbit. judul artikel. alamat web-site.


Scientific projects is a series of research activities carried out by following certain standard procedures called the scientific method. This procedure is very important to follow because one of the main features of scientific projects is replicable (can be repeated), it means if someone else doing similar experiments with the same standard procedure would also obtained a similar result. Clearly, using scientific method (via the same standard procedure) someone else can test whether a scientific project can be justified.
The final part of a scientific project is to write a scientific project report, so the results that is already obtained can be useful for others. Scientific project reports can be written in various forms and formats, but we will only discuss here the general form of a scientific project report in middle school environment.

In general, reports of scientific projects include:
• Page Title
Writing a title is placed in the middle of the page, accompanied by author's name beneath the title. The title should reflect the contents of the project but should not be the same as the problem question.
• Table of Contents
Second page after the title page is a list of contents. Table of Contents contains a set list of all the things in the report.
• Abstract
Abstract is a summary of the contents of a project. Usually not more than one page containing the title, purpose, hypothesis, brief descriptions of experimental procedures and results.
• Introduction
Introduction is a statement of the purpose and background related to the title of a scientific project. Introduction should also contain a summary statement of the hypothesis
• Implementation of Experiments and Data
In this section specify each experiment to be performed. Each experiment must be included on the experiment goal, followed by a list of materials used along with the amount, and then continued with the procedure or steps to perform the experiment. Write down these experiments in clear and detailed so that everyone can follow and whoever did it will get the same result (similar).
Following each experiment, write down all measurements and observations that have been done during the experiment. Graphs, tables, and diagrams that are based on the data should be labeled (description) and if possible with the colors. If the data that used in the experiment is very many, just write summary in this section, while the complete data should be placed in the appendix. Perform an analysis of the data that have been obtained and give an interpretation (meaning) on the results of the analysis.
• Conclusion
Summarize the results of experiments that were carried out and check whether the results of these experiments have been answering questions at issue. Compare also the results of these experiments with the hypothesis that put forward before the experiment is performed. Give a brief review of why the compatibility or incompatibility.
• Acknowledgments (if any)
If Yes, thank you to everyone who has helped the implementation of scientific projects are being carried out, for example, resource persons, sponsorship of, an experimental facility, and so forth.
• References
Write down the sources of literature that has been used in a complete and sort these sources alphabetically by author's last name.
• • Forsource from books, use sequence form: the name of the author. year published. titles. name of the publisher. city where the publisher. pages.
• • For Sources from Journals, use sequence form: author's name. year published. title of the article. journal name. journal volumes. page where the article was published.
• • For Source from Newspaper, use sequence form: name of the author. year published. title of the article. Newspaper name. city where the publisher. date of publication. pages.
• • For a source from web-site use this order: name of the author. year published. title of the article. Web-site address.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar